Tuesday, June 20, 2017

MENGERIKAN!! 5 Bahaya Bangun Tidur Langsung Mandi Bagi Kesehatan



Mandi adalah suatu kegiatan yang wajib kita lakukan setiap harinya, biasanya mandi dalam sehari dua kali dilakukan yaitu pagi dan sore hari, banyak sekali manfaat jika kita melakukan aktivitas mandi. Tetapi berikut ini adalah beberapa bahaya bangun tidur lansgung mandi diantaranya.
  • Kematian mendadak

Bagi sebagian orang yang mempunyai waktu tidur yang tidak cukup sebaiknya jangan mandi pada pagi harinya. Apabila dalam semalam anda hanya mempunyai waktu tidur atau istirhat tidak lebih dari satu jam maka sebaiknya jangan terburu buru untuk mandi pada saat bangun tidur. Bahkan kegiatan madni ini dianggap terlarang untuk dilakukan apabila sesorang tersebut tidak memiliki waktu istirahat sama sekali. Konsisi dimana tubuh yang bekerja secara terus menerus akan menyebabkan suhu tubuh bagian dalam emngalami peningkatan sehingga pada saat tubuh tersiram air yang dingin secara mendadak maka akan menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil akibatnya akan terjadi penururnan suhu tubuh secara spontan. Jika daya tahan tubuh seseorang sedang berbeda pada kondisi yang tidak baik maka hal ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak akibat serangan jantung.


Related Post :



  • Tekanan darah tidak stabil

Kondisi tubbuh pada saat tertidur akan berada pada posisi rileks tersuply ke seluruh bagian tubuh secara merata terutama otak. Ketika terbangun dari tidur dan langsung segera beranjak mandi maka darah akan segera menuju kaki secara mendadak. Hal ini dipengaruhi oleh gaya grafitasi yang menyebabkab darah mengalir serta terkonsentrasi dibagian bawah tubuh terutama pada kaki. Akibatnya fungsi dan kinerja refleks dan kinerja sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan mengalami gangguan.
  • Jantung berdebar sangat cepat

Tekanan darah yang sangat tidak stabil akan menyebabkab minimnya supply darah menuju jantung dan otak. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa pusing serta berjalan dengan tidak seimbang apabila benranjak dari bangun tidur langsung mandi. Sel sel khusus atau baroreceptors yang berada disamping jantung dan juga artetri yang terdapat pada leher akan terus berusaha menurunkan tekanan darah.
Proses penetralan ini dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak guna mengembalikan tekanan darah pada kondisi normal. Dampak dari proses tersebut yaitu menyebabkan jantung berdebar lebih kencang dari biasanya.
  • Dislokasi tulang pinggul

Ancaman ini terdapat terjadi pada saat anda sedang berdiri atau beranjak seketika setelah tidur. Biasanya orang terbangun saat tengah malam karena ingin ke kamar mandi untuk buang hajat tidak semvat lagi berfikir untuk memberikan jeda waktu bagi tubuh sebelum beranjak. Hal ini merupakan kebiasaan yang apabila dilakukan dalam waktu jangka panjang dapat berpotensi menyebabkan dislokasi tulang pinggul. Dislokasi tulang pinggul adalah gejala dimana tulang pinggul mengalami pergeseran dari posisi sebelumnyaatau berada vada tempat yang tidak seharusnya. Pada umumnya pergeseran tulang ini disebabkan karea terjadi benturan keras pada tubuh tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa gaya hidup yang salah seperti beranjak seketika saat terbangun dari tidur juga sangat berpotensi terrancam dislokasi tulang pinggul.
  • Tubuh gagal merespon
Pada saat kondisi tubuh sedang berada pada keadaan yang baik maka aktivitas mandi yang dilakukan secara langsung ketika bangun tidur tidak akan menunjukan gejala atau gangguan kesehatan secara langsung. Hal ini karena sistem tubuh mempunyai sirkulasi dan kekebalan yang tangguh. Tetapi kondisi tidak akan berlangsung lama sehingga nantinya juga akan berpotensi menyebabkan kegagalan sistem tubuh dalam merespon perubahan kondisi tubuh seperti timbulnya rasa pusing, keringat dingin, pandangan kabur, rasa lelah, lesu dan juga kesemutan pada bagian tertentu.

0 comments:

Post a Comment