Sunday, April 30, 2017

Apa Yang Terjadi Jika Terlalu Sering Begadang ?



Malam seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk tubuh kita beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas yang  menguras tenaga seperti bekerja, sekolah, belajar, bermain maupun aktivitas yang lain. Manusia secara normal harus tidur selama 8 jam setiap harinya, sehingga sistem kerja tubuh dapat berjalan normal saat keesokan harinya. Namun saat ini banyak orang yang mengabaikan perihal tidur, banyak dari mereka yang merelakan waktu tidurnya untuk mengerjakan tugas, lembur kerja, bahkan hanya sekedar untuk bermain HP. Kebanyakan dari kita kurang memperhatikan bahaya atau efek samping yang ditimbulkan dari begadang, padahal begadang sendiri memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Muka Pucat dan Lingkaran Hitam di bawah Mata


Seseorang yang terlalu sering begadang pasti akan terlihat dari fisiknya, dimana seseorang tersebut terlihat lebih pucat, sayu, lelah, letih, mata memerah dan bahkan muncul lingkar hitam dibawah mata. Pada dasarnya saat kita tidur, maka tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan yang nantinya akan dibutuhkan untuk proses pertembuhan dimasa yang akan datang, namun jika kita sering begadang otomatis tubuh akan sedikit memproduksi hormon pertumbuhan tersebut. Selain itu tidur yang kurang dari 6 jam juga menyebabkan tubuh lebih banyak mengelurkan hormon stres dan kartisol sehiingga berakibat memecahkan zat kolagen dan protein dalam kulit.

Daya Tahan Tubuh Menurun 


Begadang dapat memicu melemahnya metabolisme tubuh, akibatnya daya tahan tubuh mulai menurun. Hal ini dikarenakan tubuh terlalu sering melakukan aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan saat malam hari. Contoh konkrit dari terlalu sering begadang yaitu mudah terserang penyakit ringan seperti flue, batuk, deman, meriang dan yang lainnya.. Saat kita begadang tubuh akan diforsir untuk beraktivitas atau bekerja, sampai larut malam, padahal pada kenyataanya tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup dan malam hari adalah waktu yang tepat, namun saat ini sebagian orang tak lagi memperdulikan hal semacam itu walaupun sudah tahu efek samping yang ditimbulkan dari begadang.

Resiko Penyakit Jantung dan Strok



Efek yang sangat berbahaya dari begadang yaitu rentannya terkena penyakit jantung dan strok. Saat kita tidur terlalu larut atau begadang pasti cenderung lebih banyak terkena angin malam, sedangkan angin malam sendiri sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu tidur kurang dari enam jam juga menyebabkan pada peradangan pada arteri yang berakibat penumpukan plak dan penyumbatan pembuluh darah yang semakin meningkat. 

Pusing dan susah Konsentrasi 



Saat kita bangun dari tidur dimana tidur tersebut kurang dari enam jam, maka kita akan cenderung merasa pusing, badan lemas, mual-mual dan tidak bersemangat. Kurang tidur juga menyebabkan menurunya konsentrasi yang berakibat pada susahnya mengingat suatu hal atau pelupa. Sebenarnya saat kita tidur terjadinya proses  "sharp wafe reeples" yaitu suatu proses yang dapat membantu untuk mengingat memori jangka panjang dengan cara mengirimkan informasi dari hipokampus ke neokortesk yang terdapat didalam otak. Lebih parahnya lagi, begadang yang terlalu sering dapat menyebabkan penyakit alzheimer yang menyebabkan kerusakan pada sel otak dan hilangnya ingatan jangka pendek.

Stres dan Mudah Marah

Efek yang ditimbulkan dari begadang bukan hanya berdampak bagi fisik saja  melainkan  dari segi prikologis juga akan terganggu, salah satunya yaitu terjadinya stres dan depresi.  Kurang tidur memang menyebabkan pikiran menjadi kacau ditambah lagi kepala yang pusing membuat emosi semakin meluap, hal ini dipengaruhi oleh hormon-horman yang diproduksi saat kita tidur. Jika kita tidur hanya beberapa waktu saja maka hormon yang diproduksipun juga akan semakin sedikit, hal inilah yang menjadikan seseorang mudah depresi dan marah-marah.

Nah itulah beberapa akibat dari tidur yang terlalu larut atau begadang. Pada intinya semua kembali pada diri masing-masing, bagaimana cara membagi waktu yang baik. Terimkasih sudah membaca, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment