Sunday, April 16, 2017

Suka Makan Mie Instan Bahkan Sampai Ketagihan ? Ketahui Dulu 5 Fakta Mengejutkan Ini


Berapa kali anda makan mie instan dalam seminggu ? memang tak dapat dpungkiri dan dihindari bahwa mie instan merupakan makanan favorite masyarakat Indonseia dan kini mie instan sendiri sudah menjadi sahabat setia anak kos dan perantauan. Melihat pembuatannya yang begitu praktis, mie instan sendiri sangat digemari dan di buru oleh setiap orang. Tapi tahukah anda mengenai fakta-fakta yang mengejutkan dari mie instan ? Yaah jika anda suka makan mie instan ketahuilah 5 fakta mengejutkan ini

Mie instan tidak dapat menggantikan karbohidrat nasi


Walaupun mie instan memiliki karbohidrat, namun mie instan tidak dapat menggantikan karbohidrat sepenuhnya dari nasi. Mie instan sendiri hanya dijadikan sebagai makanan bantu yang sifatnya sementara. Tidak beduli seberapa banyak anda mengkonsumsi mie instan, tetap saja rasa kenyang yang diberikan mie instan akan bersifat sementara. Berbeda dengan nasi, nasi sendiri memiliki karbohidrat yang tinggi dan terbebas dari bahan pengawet. Sehingga karbohidrat dari mie instan memang tidak dapat menggantikan nasi dan tidak dapat dijadikan sebagai makanan pokok, karena makanan yang baik memang makanan yang bervariasi atau yang biasa disebut 4 sehat 5 sempurna.

Pada mie instan tidak terdapat kandungan lilin


Banyak isu yang beredar bahwa mie instan memiliki kandungan lilin. Isu tersebut muncul karena salah tafsir mengapa saat direbus mie tidak lengket dan tidak menempel, sehingga muncul pemikiran bahwa dalam mie instan terdapat kandungan lilin. Sebenarnya mie instan memiliki kandungan dan kadar minyak sehingga saat direbut mie tidak menempel dan tidak lengket. Dalam proses produksi, mie instan telah melalui proses deep frying yang bertujuan untuk mengurangi kadar air dan membuat mie tahan lama.

Rebusan air mie instan ternyata tidak berbahaya


Banyak juga yang berasumsi bahwa dalam merebus mie instan, air rebusan tidak boleh digunakan kembali dan harus dibuang serta diganti dengan air rebusan yang baru. Asumsi tersebut sebenarnya salah, karena mie instan memiliki beberapa kandungan gizi, sehingga saat direbus kandungan gizi dalam mie instan melebur dalam air rebusan dan mie. Hal tersebut diperkuat oleh Prof. Dr. F.G. Winarno yang menjelaskan bahwa di dalam air rebusan mie justru mengandung zinc, vitamin, zat besi dan betakaroten yang dibutuhkan tubuh. Sehingga jika kita mengganti mie instan dengan rebusan yang baru maka sama saja kita membuang kandungan gizi pada mie instan.

Makan mie instan yang berlebihan dapat menyebabkan gagal ginjal dan penyakit jantung


Sudah banyak artikel yang menjelaskan mengenai bahaya mie instan, seperti gagal ginjal, penyakit jantung, kerusakan hati dan lain-lain. Hal tersebut memang benar, karena mie instan sendiri mengandung zat berbahaya seperti Proplene Glycol yaitu bahan anti beku yang mencegah mie dari pengeringan dan mempertahankan kelembaban. Sehingga dianjurkan untuk meminimalisir mengkonsumsi mie sedap yaitu maksimal 3 kali dalam seminggu dan menghindari mengkonsumsi mie instan secara terus-menerus.

Makan mie instan dengan nasi bukan menambah kenyang tapi pemicu diabetes dan meningkatkan gula darah



Tak heran jika banyak orang yang makan mie dengan nasi putih dikarenakan mereka menganggap jika makan mie dengan nasi akan semakin menambah rasa kenyang, hal tersebut juga dialami oleh anak kos dan perantauan karena dirasa lebih hemat dikala uang sedang menipis atau krisis. Namun sebenarnya hal tersebut sangatlah salah ? mengapa demikian ? karena mie instan dan nasi putih sama-sama memiliki karbohidrat. Dalam satu porsinya mie sedap mengandung 400 kalori, sedangkan nasi putih mengandung sekitar 700-800 kalori. Rata-rata dalam satu harinya manusia membutuhkan kalori sekitar 1.700 – 2.000 dan itupun harus dengan berbagai asupan gizi dan dalam 3 kali makan besar. Selain menambah asupan kalori, perbaduan mie instan dan nasi putih ternyata juga dapat meningkatkan kadar gula pada tubuh.

Nah itulah 5 fakta mengejutkan mengenai mie instan. Buat kalian yg suka makan mie instan jangan pernah takut, selagi kalian bisa menjaga pola makan dan tau porsi yang pas maka tak akan terjadi apa-apa. Semoga artikel ini bermanfaat ya guys. hehe


2 comments:

  1. omo. fakta yg terakhir aku banget kak...
    thanks kak untuk infonya... sgt bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Welah ternyata hanya mitoss 😂

    ReplyDelete