Saturday, July 8, 2017

Hindari Kebiasaan Memangku Laptop!! Inilah Bahayanya.


Apakah anda termasuk pengguna laptop ? seringkah anda mamangku laptop saat menggunakannya. Jika iya, apakah anda tahu dampaknya bagi kesehatan ?. Kebanyakan orang memang lebih suka memangku laptop mereka dibandingkan ditaruh meja. Hal inilah yang menjadi kebiasaan buruk. Ternyata ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan yang terjadi akibat memangku laptop secara tenerus. apasaja ? simak penjelasan berikut ini:

Dermatitis atau Kelainan Kulit

Penggunaan laptop dipangkuan yang dilakukan terus menerus ternyata dapat mengakibatkan penyakit kelainan kulit atau bahasa kedokteran yaitu Dermatitis. Penyakit ini disebabkan karena rangsangan panas yang dihasilkan oleh laptop saat berada dipangkuan. Memang terlihat sepele, namun jika dilakukan secara terus menerus maka akan berakibat fatal. Studi dalam jurnal Pediastrics membahas sebuah kasus tentang seorang anak berusia 12 tahun. Kulit anak tersebut berubah warna menjadi kecoklatan, berbintik-bintik, dan menyakitkan Gejala yang biasa disebut sebagai erythema ab igne atau sindrom kulit terpanggang ini disebabkan oleh penggunaan jangka panjang laptop yang ditempatkan di atas paha. 

Carpal Tunnel Syndrome
Selain menyebabkan dermatitis, penggunaan laptop secara terus menerus juga mengakibatkan carpal tunnel syndrom. Yaitu kompresi dan jebakan pada saraf median yang memanjang di pergelangan tangan. Keyboar yang ada pada laptop membuat pergelangan tangan menekuk saat mengetik, hal inilah yang nantinya dapat menyebabkan kesemutan serta nyeri pergelangan tangan.

Gangguan Punggung, Pundak dan Leher
Ketika anda penggunakan laptop di pangkuan, tanpa disadari anggota tubuh lain juga akan ikut merasakan sakit yakni punggung, pundak dan leher. Posisi tubuh yang sedikit membungkuk akhirnya membawa masalah ke pundak dan punggung karena terlalu lelah. Belum lagi posisi tangan yang menggantung, sehingga pundak juga jadi cepat lelah.

Nah itulah sedikit bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu sering memangku laptop. Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat menggunakan laptop di meja atau menambah alas dibagian bawah laptop.
Terimkasih sudah membaca, semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment