Wednesday, July 12, 2017

Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Yang Membahayakan Kesehatan

KEBIASAAN SEBELUM TIDUR YANG TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN YANG TIDAK KITA SADARI


Main ponsel sambil tiduran dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan mata bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Dilansir dari Merdeka, dalam sebuah penelitian yang diunggah di New England Journal of Medicine, terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) akibat melihat smartphone sambil tiduran.

Dalam kasus ini, disebutkan bila ada dua orang wanita berusisa 22 dan 40 tahun yang mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak bisa melihat selama beberapa bulan. Sekali gejala kebutaan ini muncul bisa berlangsung sampai 15 menit sebelum penglihatan mereka kembali seperti semula.

Awalnya tim dokter mengira kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun, setelah semua tes kesehatan menyatakan bahwa dua wanita tadi tidak mengalami masalah kesehatan.

Semua terjawab setelah dokter dari Rumash Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara itu terjadi. Tak disangka keduanya sama-sama menjawab bila kebutaan itu muncul saat menggunakan smartphone samil berbaring dengan satu mata melihat smartphone dan mata lainnya tertutup.

Aktivitas seperti ini memaksa satu mataberadaptasi dengan layar terang smartphone, di saat mata lain berada dalam kegelapan atau tertutup. Nah, tim dokter akhirnya mengkategorikan gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone.

Untungnya, tim dokter menyebut bila kebutaan ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dan bisa dihindari dengan menatap smartphone dengan kedua mata. Tentu akan lebih baik jika kita tidak menggunakan smartphone terlalu sering saat tiduran.

Dengan kejadian ini alangkah lebih baiknya jika saat kita sedang beristirahat atau bersantai untuk tidak bermain ponsel.

0 comments:

Post a Comment