Saturday, July 8, 2017

Kebiasaan Mahasiswa Yang Berdampak Buruk Untuk Kesehatan


Untuk mahasiswa kerapkali mereka melalaikan kesehatan mereka. terkadang mahasiswa terlalu sibuk sehingga lupa bahwa tubuh perlu untuk istirahat. dan inilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan mahasiswa yang bisa berdampak buruk apabila dilakukan secara terus menuerus :
1.      Begadang
bukan mahasiswa kalau tidak begadang, ya kerap omongan ini tidak asing ditelinga kita. dengan alasan tugas banyak dan menumpuk, seringkali mahasiswa memilih untuk begadang, tahu kah kamu bahwa begadang tidak baik dilakukan apabila dilakukan terlalu sering ? Begadang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, kerusakan sel otak, penyakit jantung, hipertensi dan lain sebagainya. Tubuh manusia pada umumnya membutuhkan istirahat selama kurang lebih 7 – 8 jam. jangan sampai usahamu untuk mengerjakan tugas dengan rela begadang menjadi sumber penyakitmu ya guys. 

2.      Makan Makanan Instan
Makanan instan merupakan sahabat bagi mayoritas mahasiswa. Selain bisa berhemat cara pembuatannya pun praktis. Padahal makanan cepat saji ataupun makanan instan sangat berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus. Didalam makanan instan banyak terdapat bahan kimia yang dapat merusak fungsi tubuh. Diantaranya pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Dampak dari makanan ini antara lain: obesitas, diabetes, ketidak normalan pencernaan, kanker, rusaknya system saraf pusat, dll.

3.      Terlalu Lama di Depan Layar Monitor Komputer
Laptop/notebook/netbook/komputer ataupun jenis gadget lain merupakan sahabat sejati para mahasiswa. Mahasiswa bisa menghabiskan harinya di depan layar laptop. Kegiatan ini dapat meusak mata. Selain merusak mata, kegiatan ini juga dapat menyebabkan sakit kepala, garis halus pada wajah, dll.

4.      Makan Tidak Teratur
Rata-rata mahasiswa tidak makan tepat waktu. Selain tidak sempat makan, faktor irit pun menjadi salah satu alasan mahasiswa yang tidak makan tepat waktu. Padahal hal ini dapat mengganggu kesehatan. Manusia membutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Selain itu, manusia minimal harus makan setiap 8 jam sekali. Itu mengapa kita dianjurkan makan 3 kali sehari. Makan tidak teratur justru menyebabkan kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan perut yang terlalu lama kosong menimbulkan nafsu untuk makan banyak.

5.      Mandi Malam

Hal yang juga sering dilakukan mahasiswa adalah mandi di malam hari. Padahal mandi dimlam hari dapat merusak syaraf tubuh. Penyakit seperti masuk angin, paru-paru basah bahkan sampai penuaan dini siap menyerang anda.
x
x

0 comments:

Post a Comment