Sunday, April 30, 2017

Susah Kurus Tapi Gampang Gemuk ? Mungkin Ini Penyebabnya


Berbicara mengenai berat badan merupakan hal yang sangat sensitif bagi setiap orang terutama perempuan.Bagaimana tidak ? setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang proporsional bukan ? namun keinginan tersebut terkadang harus pupus ketika sesorang memiliki berat badan yang lebih atau bisa dikatakan “gemuk”. Bagaimana tidak ? setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang proporsional bukan ? namun keinginan tersebut terkadang harus pupus ketika sesorang memiliki berat badan yang lebih atau bisa dikatakan “gemuk”. Badan yang berlebih bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bukan hanya terkait pola makan saja namun juga kebiasaan-kebiasaan yang salah, seperti hal-hal berikut ini:

Kebanyakan Ngemil

Hobi ngemil? nah jangan heran kalau kamu gampang gemuk. Ngemil bisa dijadikan sebagai kebiasaan buruk jika itu berlebihan dan nggak terkendali. Memang sebagian orang suka ngemil didasarkan atas pertimbangan bahwa camilan yang dikonsumsi bukanlah makanan berat sehingga tidak terlalu berefek pada kenaikan berat badan. Namun mindset yang demikian merupakan hal yang salah, semakin banyak kita mengkonsumsi camilan, maka porsi yang dimakanpun juga akan semakin banyak. Padahal camilan ringan sendiri memiliki lemak jenuh dan kalori yang cukup tinggi, jika camilan tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan kenaikan pada berat badan.

Waktu Tidur Yang Kurang Dan Sering Begadang


Waktu tidur yang tidak teratur dan sering begadang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Dimana saat seseorang masih begadang maka akan semakin memicu rasa ingin makan. Akibatnya asupan kalori akan berlebihan. Saat kita begadang, salah satu organ tubuh akan merespon pada hormon yang menghantarkan nafsu makan, namun hormon tersebut ternyata tidak membawa pengaruh apapun sehingga akan percuma jika kita makan saat begadang, bukannya menjadi kenyang namun malah membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

Stres Yang Berlebihan


Setiap orang pasti memiliki beban pikiran yang berbeda, namun jika hal itu berlebihan juga akan menyebabkan ganguan mental. Saat seseorang mengalami stres, maka akan memicu emotional eating atau luapan ekpresi yang disalurkan dengan secara berlebihan yang disebabkan oleh hormon kristol, sehingga beberapa orang akan akan makan dengan lahap tanpa memperhatikan resiko kenaikan berat badan. Tapi ini hanya terjadi pada sebagain orang. Yang perlu digaris bawahi dalam hal ini yaitu bahwa stres bukan penyebab utama dari kenaikan berat badan, tergantung pola pikir dari setiap individu. Karena stres yang berlebih terkadang malah membuat seseorang tidak bernafsu makan. 

Sering Mengkonsumsi Minuman Manis


Minuman manis juga dapat menyebabkan naiknya berat badan. Untuk kamu pecinta minuman manis seperti kopi, teh, soft drink, ice cream dsb dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi jenis-jenis minuman tersebut. Jika ingin minum teh manis sebaiknya saat sarapan pagi karena gula akan terbakar menjadi glukosa bersama beberapa jenis makanan lainnya yang menghasilkan energi untuk mengawali aktivitas dipagi hari. Sebaiknya dalam mengkonsumsi minuman manis diusahakan 2-3 kali sehari atau lebih-lebih jika sama sekali tidak menggunakan gula, itu jauh lebih baik.
 
Makan Apapun Yang Ada


Terkadang hal ini yang kurang disadari oleh beberapa orang, kerapkali kita makan makanan ditempat sembarangan dan kita tidak tahu apakah makanan tersebut sehat ataukah justru memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi seperti gorengan, makanan kemasan, junk food dsb. Akibatnya pola makan tidak terkontrol dan seenaknya sendiri, padahal pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.

Jarang Olahraga


Jarang olahraga juga masuk dalam deretan penyebab kenaikan berat badan. Saat kita tidak mempunyai kesibukan dan hanya makan, tidur, istirahat maka kalori yang ada dalam makanan akan semakin menumpuk dalam tubuh. Padahal saat kita mengkonsumsi makanan maka harus diimbangi dengan aktivitas lain, salah satunya yaitu olahraga. Olahraga akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dengan kita berolahraga makan akan membakar lemak yang tertimbun dalam tubuh.

Nah itulah beberapa penyebab naiknya berat badan. Untuk kalian yang nggak ingin memiliki berat badan yang berlebih usahakan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.







1 comment: