Tuesday, June 20, 2017

AWAS! 5 Penyakit Akibat Kipas Angin dan AC



Mana yang akan kalian pilih diantara berada di dalam ruangan yang panas, pengap dan bau atau diruangan yang sejuk, wangi dan nyaman. Kebanyakan orang orang menyukai cuaca panas namun membuat tubuh berkeringat, gerah dan tidak nyaman. Oleh karena itu banyak orang mengatntisipasi udara panas dengan kipas angin atau AC, bahkan saat ini kipas angin dan AC adalah alat elektronik yang wajib dimiliki oleh masyarakat yang tinggal diperkotaan, tak dipungkiri kipas angin dan AC membuat udara lebih sejuk dan nyaman, tapi taukah anda jika pengggunaan kipas angin dan AC terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan mungkin tak banyak tau jika ternyata paparan kipas angindan AC terlalu lama justru dapat membahayakan kesehatan, agar lebih jelasnya ini 5 penyakit akibat kipas angindan AC berikut ini :
  • Lumpuh pada wajah


Pernahkan anda melihat seseorang yang tiba tiba mengalami kaku pada bagian wajah ternyata kondisi tersebut bukanlah penyakit stroke tetap kelumpuhan wajah yang disebabkan adanya pembengkakan sarap pada area wajah yang disebabkan paparan kipas angin dan AC, umumnya kondisi tersebut diawali dengan beberapa gejala antara bicara tidak jelas, mata terasa pedih saat cuci muka, sulit membuka mulut, berkurangnya fungsi lidah, dll. Meskipun belum jelas apa penyebabnya, namun bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang terbawa oleh udara atau angin.

  • Mudah kesemutan


Paparan udara dingin yang terus menerus davat menyebabkab munculnya rasa kesemutan hingga nhyeri pada persendian tangan akibat pembengkakan pada saraf kondisi tersebut akan lebih sering muncul terutama pada seseorang tidur pada posisi yang tidak benar.
Kaku pada otot leher
Umumnya setelah bangun tidur seseorang akan merasa lebih segar, tapi bagaimana jika tubuh justru pegal atau tegang pada bagian leher. Kondisi tersebut akibat paparan kipas angin atau AC. Gejala yang dirasakan antara lain leher terasa nyeri saat menoleh digerakan, saat berbicara atau batuk, selain mengurangi penggunaan kipas angin atau AC anda bisa mengurang rasa sakit dengan cara mengompres menggunakan handuk hangat atau bisa juga dengan pijat.

  • Sesak napas


Paparan kipas angin dan AC terlalu lama dapat menyebabkan masalah pada pernapasan. Salah satunya sesak nafas, untuk mengatasinya sebisa mungkin jangan biarkan AC atau kipas angin menyeala sepanjang malam, selain itu atur arah anginnya yang tidak terlalu besar terutama yang mengenai anda.

  • Dehidrasi dan hipotermia

Berada di ruangan tertutup dengan menggunakan AC atau kipas angin menyala dalam waktu lama dapat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan dan hipotermia yang berujung pada kematian. Gejala hipotermia  ringan antara lain kulit berwana keabu abuan, detak jantung melemah, tekanan darah turun. 
  • Kontraksi otot

Ternyata banyak masalah kesehatan akibat penggunaan kipas angin atau AC. Oleh karena itu perlunya antisipasi dengan cara membatasi pengggunaan kipas angin atau AC, selain itu jika menggunakan kipas angin usahakan kondisi pintu atau jendela dalam keadaan terbuka agar sirkulasi udara dapat bekerja dengan baik dan pastinya menghindari dari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan.


0 comments:

Post a Comment