Wednesday, June 21, 2017

Bahaya Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan.

Bahaya Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan


Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini diperjelas dengan pendapat para ahli bahwa fungsi tidur leih penting dari pda makanan, sebab manusia akan lebih lama bertahan hidup tanpa makanan  dibandingakan tanpa tidur.
Berikut dampak negatif dari kurang tidur atau tidur larut malam:

1.Konsentrasi Berkurang

Pola tidur dapat memperkuat memori dalam pikiran yang membantu seseorang dalam berkonsentasi atau fokus sehingga mereka yang sering tidur larut malam akan terganggu konsentrasinya, pemikirannya, kewaspadaannya, dan analisis masalahnya.


Related Post :



2. Menjadi pelupa

Pada saat tidur, otak kita melakukan penyimpanan tentang semua hal yang telah kita lakukan seharian. Namun orang yang sering kali tidur larut malam akan menjadi pelupa karena waktu tidurnya menjadi berkurang dan otak yang menyimpan memori akan terganggu.

3. Menurunkan gairah Seksual

Pria dan wanita akan mengalami penurunan gairah seksual hal ini dikarenakan kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan energi terkuras dan tensi darah meningkat.

4. Cepat tua

Tidur merupaka waktu untuk kita beristirahat dan tubuh membuag racun yang didapat seharian setelah beraktifitas dan berfungsi untuk memulihkan stamina dan kulit kita. Tidur larut malam akan membuat tubuh kita tidak bisa memaksimalkan fungsinya untuk membuang racun yang menyebabkan kita cepat tua.

5. Berdampak pada kesehatan

Tidur berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel-sel, dan membantu memproduksi enzim dan hormon. Bagi mereka yag kurang dan sering tidur larut malam akan dengan sendirinya mengalami gangguan pada kesehatannya. Berikut ganguan kesehatan yang titimbulkan:
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Diabetes


Berikut cara agar cepat tidur atau tidur tepat waktu:

  • Jangan menkonsumsi minuman berkafein terlalu banyak
  • Olahraga 
  • Jangan makan terlalu larut malam
  • Jangan berlama-lama tidur siang
  • Perbanyak makanan yangkaya serat di sore hari

Demikian bahaya tidur terlalu larut malam atau kurang tidur bagi kesehatan tubuh kita, namun jangan khawatir jika ingin tidur tepat watu lakukan tips diatas agar tidur menjadi teratur, dan terjaga.

0 comments:

Post a Comment