Tuesday, June 20, 2017

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan + Nasi !!!


Hai-hai….
Gimana kabarnya viewers? Semoga kalian senantiasa sehat selalu ya? ^^
Pada postingan kali ini, saya akan membahas seputar Mie Instan. Mendengar kata mie instan, bukan menjadi hal yang mengherankan lagi bagi masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Bagi pecinta mie instan, ada berbagai alasan yang menyebabkan mereka gemar mengkonsumsi makanan ini, salah satunya adalah bumbu (rasanya) yang unik, enak, serta mampu diterima oleh lidah kita. Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi mie instan dengan tambahan nasi merupakan hal yang lumrah. Bahkan orang tua berpikiran bahwa seharusnya mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Mengapa mereka berpendapat demikian?
Disamping itu, ada beberapa pendapat bahkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh pihak kedokteran (medis) bahwa mengkonsumsi mie instan dengan nasi merupakan kebiasaan buruk yang mampu memberikan dampak buruk pula bagi kesehatan. Mengapa demikian? Baiklah lebih baik kita membahasnya langsung agar lebih paham.

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok di Indonesia, oleh karenanya, banyak orang Indonesia yang menerapkan mindset bahwa belum makan jika belum memakan nasi. Jika tidak ada laukpun mie bisa menjadi penggantinya yang nanti dimakan bersama dengan nasi agar bisa lebih kenyang. Orang tua pun banyak yang salah dalam mengasumsikan jika seharusnya mie instan dimakan dengan nasi agar sang anak kenyang. Mereka berfikir bahwa mie instan dimakan dengan nasi agar di dalam perut dapat dicerna bersamaan dengan nasi. Pasti diantara kalian sering membiasakan hal seperti ini bukan? Namun tahukah kalian bahwa hal tersebut dapat membahayakan kesehatan kita? Bagaimana bisa?
Dilansir dari salah satu program televise Dr.Oz Indonesia, Begini penjelasannya :
  1. Telalu Kaya akan Karbohidrat

Nasi dan juga mie instant adalah jenis makanan yang keduanya mengandung karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada mie 2x lipat nasi. Ketika mengkonsumsi karbohidrat yang terlalu banyak, maka akan menghilangkan rasa lapar pada perut. Hal ini menyebabkan cakupan gizi/ nutrisi lain yang seharusnya dikonsumsi oleh tubuh menjadi tidak terpenuhi dikarenakan tidak merasa lapar. Padahal, tubuh kita ini memerlukan gizi/ nutrisi lain pula seperti protein, lemak, mineral, vitamin, dll yang mampu menyeimbangkan kesehatan tubuh.
  1. Meninggikan Hormon Insulin

Sudah dijelaskan bahwa nasi dan mie memiliki kandungan yang sama yakni karbohidrat yang ketika masuk kedalam tubuh akan dicerna menjadi gula atau amilum. Tahukah anda bahwa mengkonsumsi nasi dengan mie mampu menghasilkan sebanyak 750 kalori yang menandakan bahwa hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kita.
  1. Merusak Pankreas

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, maka dampaknya mampu merusak pankreas kita karena organ tubuh yang paling banyak berperan ialah pankreas. Hal ini disebabkan karena produksi gula nantinya akan diolah menjadi hormon insulin. Jika produksi gula menjadi hormon insulin terlalu banyak, maka pankreas akan bekerja lebih keras dari sebelumnya dan lama kelamaan akan mengalami kelelahan serta kerusakan.

Related Post :

  1. Resiko Diabetes Melitus

Kerusakan pankreas tersebut menyebabkan pankreas tidak mampu memisahkan antara gula dan darah. Sehingga kedua zat tersebut menyatu dikarenakan tidak dapat terfilter dan ketika kencing, kencing tersebut masih mengandung zat gula.
  1. Melebarkan Volume Perut dan Memicu Timbulnya Penyakit lain

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebih mampu meningkatkan volume perut menjadi lebar. Jika ukuran perut lebih tinggi dari badan, maka akan mampu meningkatkan resiko obesitas yang menjadikan sarang dari berbagai penyakit.
  1. Resiko Obesitas

Pemecahan karbohidrat menjadi lemak mampu menjadikan resiko untuk memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Sehingga, imbangi dengan nutrisi lain dan jangan mengkonsumsi karbohidrat berlebih.
  1. Kandungan dalam Mie Instan yang Kurang baik

Mie Instan (Junk Food) ini tidak memiliki kandungan protein, vitamin, bahkan serat. Yang ada hanyalah lemak dan karbohidrat saja.
  1. Resiko terkena Tekanan Darah Tinggi dan Jantung


Mengkonsumsi mie instan sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh dikarenakan mampu memicu berbagai penyakit yang salah satunya ialah jantung. Hal ini disebabkan karena didalam mie instan terdapat zodium yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga mampu meningkatkan resiko penyakit jantung.
  1. Meningkatkan Resiko Kanker

Pola hidup yang tidak teratur mampu meningkatkan resiko penyakit kanker yang salah satunya tidak mengatur pola makan yang baik. Mie instan merupakan salah satu makanan yang tidak baik untuk tubuh, maka dalam mengkonsumsinya pun hendaknya dibatasi dan diatur sebisanya kurang dari sama dengan 2 kali dalam seminggu.
  1. Mengganggu sistem Pencernaan

Pada dasarnya, untuk proses pencernaan mie instan yang baik bagi tubuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari. Maka sangat tidak dianjurkan bahkan tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi mie instan secara terus menerus karena pencernaan mie yang belum sempurna bisa menumpuk didalam lambung.
Sekian artikel terkait Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan + Nasi yang saya ulas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan memperluas wawasan para viewers. Terus kunjungi blog kami karena akan ada info-info terbaru yang akan selalu di update disini. Semoga para viewers blog ini diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan, Amin.

0 comments:

Post a Comment